Beranda > Sejarah & Latar Belakang > Sedikit tentang ALKO BAndung

Sedikit tentang ALKO BAndung


 

 

Sejarah

Persatuan Bola Voli Alko Bandung merupakan salah satu klub bola voli amatir tertua di Jawa Barat.Ketika perkumpulan bola voli SIRNA GALIH bubar,beberapa pengurus, pendiri dan pembinanya (Ronny S.A., Arthur Tobing, Gugi Gustaman, Endang Bagio, Bambang Ruhiyat dan Rudi) mendirikan sebuah klub bola voli pada tahun 1983 yang diberi nama “ALKO” dengan nama kepanjangan dari “Alat Komunikasi Olah Raga”.Klub bola voli ALKOsempat bekerjasama dengan Perusahan MOLTEN sehingga pada waktu itu kita mengenal adanya klub bola voli “MOLTEN ALKO”. Dalam perjalanannya, MOLTEN ALKO menghadapi kendala dan hambatan finansial sehingga ALKO kembali berjalan mandiri. Dalam kemandiriannya ALKO tetap eksis dalam pembinaan perbolavolian yang ditandai dengan beberapa kali mampu meraih juarauntuk tingkat regional serta tetap menyumbangkan atlet-atlet senior dan yuniornya untuk memperkuat Jawa Barat maupun Nasional.

Pada saat ALKO diketuai oleh H. Moch. Sanusi tepatnya tanggal 23 Pebruari s.d. 27 Pebruari 1992, berhasil mengadakan suatu KejuaraanBola Voli Putri Se- Jawadengan nama kejuaraan “Piala Alko”. Bersamaan dengan diadakannya kejuaraan tersebut, ini memberikan arti pentingyaitu bahwa Klub Bola Voli Alko Bandung masih ada dan tetap eksis dalam kancah perbolavolian.

Pada tanggal 1 Pebruari 1997 H. Iim Suryadiredja terpilih menjadi Ketua Umum ALKO Bandung menggantikan H. Moch. Sanusi. Pada masa itu kepengurusan ALKOmelakukan hubungan kerjasama dengan TELKOM DIVISI REGIONAL III JAWA BARAT.Komitmen yang kuat untuk tetap eksis dalampembinaan bola voli mendasari bentuk kerja sama tersebut.Penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh kedua belah pihak antara Kepala TelkomDivisi Regional III Jawa Barat Ir. Adek Julianwar dan Ketua Umum ALKO Bandung H. Iim Suryadiredja yang dilaksanakan di Kantor Telkom Divisi Regional III Jawa Barat, Jl. Supratman Bandung.Pada saat itu juga disepakati tentang penggabungan nama menjadi Klub Bola Voli “ALKO TELKOM” dan juga pendirian SEKOLAH BOLA VOLI ALKO TELKOM(SBVAT).

Sekolah Bola Voli Alko Telkom diresmikan pada tanggal 16 September 1998 oleh Ketua Bidang Pembinaan Pengurus Daerah Jawa Barat Drs. Nurhasan, M.Pd. di GOR Pajajaran, Jl. Pajajaran Bandung.Pada Kesempatan tersebut hadir pula Wakil Pemimpin Umum “Pikiran Rakyat”, KONI Jawa Barat, dan Kepala Telkom Divisi Regional III Jawa Barat serta dihadiri oleh jajaran pengurus klub bola voli ALKO TELKOM dan orang tua siswa/siswi. Dalam sambutannya Kepala Telkom Divisi Regional III JawaBaratmenyebutkan“ Terjunnya Telkom dalam pembinaan sekolah bola voli ini merupakan wujud kepedulian Telkom untuk membina olah raga, khususnya bola voli, baik di Jawa Barat maupun Nasional”.

Sekolah Bola Voli Alko Telkom Bandungadalah sekolah bola voli pertama di Indonesia yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang mampu tampil dengan prestasi optimal dalam bola voli. Di samping itu Sekolah Bola Voli Alko Telkom Bandung juga berfungsi menyelenggarakan proses pembelajaran dan pelatihan dibidang bola voli serta memberikan bekal kepada siswa/siswi untuk mampu mengembangkan ke dalam kehidupan sosial dan kehidupan sehari-harinya.

Pada tahun 2003, kerjasama dengan PT Telkom berakhir. Alko kembali melakukan aktifitas proses latihan meskipun dengan sarana penunjang yang secukupnya. Kondisi ini tidak menjadikan Alko berhenti dari komitmennya untuk terus melakukan pembinaan dalam bidang bola voli. Dalam kondisi seperti ini Alko masih mampu berprestasi ketika beberapa pemain-pemainnya tetap mengisi dan memperkuat tim Yunior Kota Bandung, Jawa Barat bahkan tingkat Nasional.

Di awal tahun 2005, Alko melakukan pembentukan kepengurusan baru dan Hendra Ahyadi, S.T., M.T. terpilih sebagai Ketua Umum Alko hasil dari rapat pembentukan kepengurusan baru yang dihadiri unsur pendiri, pebina, penasehat dan para pelatih Alko Bandung. Dari ketua baru inilah diharapkan Alko nantinya dapat mampu meningkatkan kinerjanya sebagai organisasi bola voli yang memiliki komitmen yang kuat terhadap pembinaan bola voli di daerah, regional maupun nasional.. Kekuatan komitmen Alko serta visi dan misi dari ketua mendasari Alko untuk lebih melihat ke depan dengan melakukan langkah-langkah optimal sebagai upaya nyata untuk lebih meningkatkan prestasi PBV Alko Bandung.

Visi & Misi

Sebagai sarana yang memfasilitasi terciptanya prestasi, sejumlah visi telah dicetuskan Alko Bandung. Pertama, prestasi merupakan maha karya tertinggi yang dilahirkan dari proses pembelajaran dan pelatihan yang berjenjang. Dengan demikian, pemberdayaan klub harus menjadi media pendukung yang lengkap bagi setiap potensi atlitnya.

Kedua, prestasi harus mampu memenuhi perkembangan dan progresifitas dari kemajuan dunia bola voli. Dengan demikian, program pelatihan dengan menggunakan pendekatan multi dimensional untuk memberdayakan pembelajarannya akan mampu mengikuti dan mengatasi berbagai perkembangan bola voli tersebut. Ketiga, prestasi akan menciptakan kemandirian dan profesionalisasi yang nantinya akan menggiring setiap potensi individu menuju ke-kolektifitasan yang menghasilkan prestasi nasional. Keempat, keterkaitan antar klub yang memiliki komitmentkuat terhadap prestasi baik di tingkat regional maupun nasional merupakan salah satu faktor penentu untuk mencapai prestasi Nasional. Terakhir, klub dengan menggunakan pendekatan ke-ilmuan dalam proses penciptaan prestasi, merupakanbenteng terdepan dari lahir dan berkembangnya prestasi.

Sebagai konsekwensi logis dari visi yang dikembangkannya, Alko Bandung memiliki misi untuk:

·Menyelenggarakan kegiatan pelatihan bola voli untuk menghasilkan tim bola voli Alko yang tangguh dan berprestasi optimal.

*Mengembangkan kemampuan dasar, bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak-anak dan para remaja untuk menjadi atlet bola voli Alko yang terampil, berilmu dan berwatak baik.

*Mengembangkan atlit-atlit berbakat dan potensial untuk dilatih dan dibina menjadi atlit yang andal sehingga

mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional

*Membentuk tim bola voli Alko yang tangguh yang dapat mengangkat popularitas Perkumpulan/Klub bola voli Alko di hati masyarakat Indonesia secara komprehensif.

*Meningkatkan kesan positif (corporate Image) masyarakat terhadap keberadaan dan profesionalisme kinerja Perkumpulan/Klub Bola Voli Alko.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: