Program Pembinaan

SISTEMATIKA PROGRAM PEMBINAAN

Sistematika program pembinaan bola voli yang diselenggarakan oleh Perkumpulan/Klub Bola Voli Alko, meliputi :

1. Program Pembinaan

a. Program Pembinaan Jangka Pendek.

Waktu yang dibutuhkan 1 tahun (tahun pertama), penekanan pembinaan lebih diarahkan kepada :

© Peraihan prestasi pada event-event di tingkat daerah baik resmi maupun

insidentil.

Dalam event resminya, yaitu meraih juara pada Kompetisi IVOBA untuk

klasifikasi

yunior dan senior baik putera maupun puteri. Untuk insidentilnya, meraih

juara pada

kejuaraan-kejuaraan yang diadakan di setiap daerah yang Kota bandung atau Jawa Barat.

© Pembentukan atlet putera dan peteri untuk menjadi pemain yang dapat

memperkuat

tim daerah Kota Bandung.

b. Program Pembinaan Jangka Menengah

Waktu yang dibutuhkan antara 2 – 3 tahun (tahun kedua dan ketiga), penekanan

pembinaannya lebih Diarahkan kepada :

© Peraihan prestasi yang optimal pada event-event di tingkat Jawa Barat dan nasional, baik putera maupun puteri (Kejurda, Kejurnas dan Livoli).

© Pembentukan atlet putera dan puteri untuk menjadi pemain yang dapat memperkuat tim Jawa Barat (tim PON Jabar).

c. Program Pembinaan Jangka Panjang

Waktu yang dibutuhkan antara 4 – 5 tahun (tahun keempat dan kelima), penekanan pembinaannya lebih Diarahkan kepada :

Peraihan prestasi yang optimal pada event-event di tingkat nasional, baik untuk kejuaraan resmi maupun kejuaraan insidentil. Dikondisikan untuk tim putera maupunj tim puteri. Dalam kejuaraan resminya, yaitu masuk “Final Four Pro-Liga dan Final Four Livoli.” Untuk kejuaraan insidentilnya, yaitu meraih juara pada kejuaraan- kejuaraan setingkat nasional yang diselenggarakan di setiap daerah provinsi se-Indonesia.

Pembentukan atlet putera dan puteri untuk menjadi pemain yang dapat memperkuat tim Nasional (tim Sea Games atau Asian Games)

Mendapatkan pekerjaan yang layak bagi atlet putera dan puteri.

2. Isi Program Pembinaan

Gambaran dari isi program pembinaan didasarkan atas rencana program yang telah digariskan sebelumnya yaitu :

a. Isi Program Pembinaan Jangka Pendek, terdiri atas :

Pembinaan terhadap penyesuaian kondisi

anatomis atlet

Penguasaan teknik dasar permainan bola

voli

Penguasaan keterampilan bermain bola

voli

Menumbuhkan minat dan motivasi

berlatih

Penerapan disiplin dan komitmen secara

bersama

b. Isi Program Pembinaan Jangka Menengah, terdiri atas :

Pengembangan minat dan motivasi berlatih

Peningkatan kebutuhan untuk berprestasi

Penguasaan berbagai formasi permainan tim

Memperbanya frekwensi keikutsertaan dalam pertandingan di berbagai kejuaraan dari mulai tingkat daerah sampai dengan nasional.

c. Isi Program Pembinaan Jangka Panjang, terdiri atas :

Keikutsertaan mengikuti kejuaraan-kejuaraan pada level nasional atau internasional

Pembinaan mental juara pada setiap individu atlet dan tim

Mengkondisikan atlet untuk menjadi pemain nasional.

3. Implementasi Program Pembinaan

Implementasi program pembinaan lebih difokuskan pada atlet muda yang memiliki potensi antropometrik (bentuk tubuh) dan kapasitas motorik (fisik dan teknik) yang relative cukup potensial bagi seorang pemain Bola voli.

JAMINAN MUTU PROGRAM PEMBINAAN

Merujuk kepada misi program pembinaan bola voli yang telah dikemukakan di atas, dibutuhkan atlet yang memiliki kompetensi dan bisa diandalkan dalam masyarakat sebagai pemain bola voli yang terampil, berilmu dan berwatak baik. Perlu dikembangkan melalui suatu bentuk parameter (ukuran) keberhasilan prestasi pemain bola voli ke dalam beberapa metode penilaian yang terdiri dari :

Penilaian untuk mengukur kemampuan

penguasaan keterampilan bola voli pada saat

latihan.

Penilaian untuk mengukur kualitas kinerja setiap pemain dan tim bola voli pada saat latihan dan pertandingan.

Penilaian untuk mengukur motif berprestasi pemain

bola voli.

Keberhasilan dari program pembinaan ditentukan oleh beberapa variable yang dapat dijadikan sebagai pendukung terhadap ukuran keberhasilan program pembinaan, antara lain :

1. Persyaratan Keberhasilan Program Pembinaan

Ada beberapa persyaratan yang dapat dijadikan sebagai pendukung utama untuk

menuju Keberhasilan program pembinaan bola voli, diantaranya :

| Memiliki atlet usia muda dengan antropometrik (bentuk tubuh) yang baik, contoh : usia SMP dan SMA memiliki tinggi badan antara 175 – 190 cm untuk putera dan antara 165 – 180 cm untuk puteri.

|. Atlet yang akan dibina memiliki Motor Ability (kemampuan motorik/gerak) dan Motor Educability(kemampuan mempelajari motorik/gerak) sedang atau tinggi.

| Atlet sudah memiliki keterampilan dasar bermain bola voli secara minimal atau atlet yang sudah terampil dan berpengalaman dalam bermain bola voli.

| Atlet binaan memiliki sifat, sikap, perilaku dan watak yang baik serta minimal

memiliki beragam kecerdasan yang cukup.

| Mendapat dukungan dari orang tua dan lembaga pembinaan atlet.

| Atlet memiliki minat dan motivasi yang tinggi

untuk dibina menjadi pemain bola voli yang

berprestasi optimal

| Fasilitas untuk latihan dan pertandingan

yang dapat memenuhi kebutuhan.

| Memiliki pelatih yang memiliki kualifikasi

tinggi (nasional dan internasional)

| Program pembinaan yang tersusun secara

sistematik dan berjenjang.

| Penghargaan (insentif atau bonus) kepada atlet, pelatih, tenaga administrasi dan petugas lapangan lainnya yang disesuaikan dengan tugas pokonya dan dapat mencukupi untuk kehidupannya.

2. Perkembangan Prestasi Atlet

Untuk mengetahui perkembangan prestasi atlet, dilakukan evaluasi secara keseluruhan setiap 3 bulan sekali. Baik itu prestasi teknis maupun prestasi non-teknisnya. Atlet yang lambat dalam peningkatan prestasinya dikelompokan ke dalam suatu kelompok “pembinaan khusus”. Sedangkan atlet yang perkembangan prestasinya meningkat dimasukan ke dalam kelompok “pengembangan khusus”. Selain atlet, pelatihpun di evaluasi tentang kemampuan implementasi terhadap penguasaan metodologi latihan dalam hubungannya dengan pencapaian prestasi atlet yang dibinanya.

3. Kehadiran Latihan dari Atlet dan Pelatih

Setiap pertemuan dalam proses kegiatan latihan, kehadiran atlet dan pelatih selalu dicatat ke dalam buku catatan kehadiran serta buku kegiatan harian. Tujuannya untuk memberikan dampat terhadap kualitas control dan pengendalian dalam proses kegiatan pelatihan. Frekwensi dan intensitas kehadiran dari seorang atlet dan pelatih merupakan jaminan utama tumbuhnya motivasi berprestasi dari atlet maupun pelatih. Kehadiran atlet dan pelatih dilapangan, dalam pertandingan atau dalam berbagai event pertemuan penting lainnya merupakan parameter adanya suatu pembinaan yang kondusif dan terprogram.

4. Alternatif Peningkatan Prestasi Atlet

Untuk meningkatkan prestasi yang hendak dicapai oleh pemain bola voli Alko, selain latihan rutin dalam kesehariannya, juga perlu dilatih melalui keikutsertaan dalam berbagai event pertandinganyang intensif. Tujuannya, agar para pemain muda menjadi matang dan siap untuk menampilkan keterampilan gerak yang telah dikuasainya dalam kondisi yang terkontrol dan terkendali. Ini akan membentuk pemain bola voli yang siap untuk menjadi seorang juara.

ATLET DAN LAYANAN PEMBINAAN

1. Sistem Seleksi Atlet

Sistem seleksi penerimaan atlet bola voli ALKO, baik dari klub atau lembaga lain juga yang datang secara individu dilakukan melalui “Sistem Penilaian Kelayakan Pemain Bola Voli”. Unsur-unsur penting yang di evaluasi meliputi:

Perijinan dan kesiapan,

Motivasi,

Kesehatan,

Antropometrik (bentuk tubuh)

Kapasitas Motorik (fisik dan teknik)

2. Sistem Penerimaan Atlet

Atlet bola voli yang diterima untuk bergabung dengan Perkumpulan/Klub Bola Voli ALKO diharuskan mengisi surat perjanjian kesiapan. Atau kontrak pembinaan sesuai dengan kesepakatan bersama, dan didasarkan atas ketentuan yang diberlakukan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD&ART) Perkumpulan/Klub Bola Voli ALKO.

3. Pelayanan Terhadap Atlet

a. Bantuan untuk biaya hidup (insentif)

Untuk memberi motivasi terhadap pelaksanaan latihan dan keinginan yang tinggi untuk meraih prestasi optimal, atlet bola voli ALKO perlu diberikan insentif (uang saku) yang memadai untuk membiayai sebagian kebutuhan hidup sehari-harinya. Ini dilakuka, dengan tujuan agar dalam setiap latihan atau dalam pertandingan, atlet tidak lagi membagi konsentrasi kepada masalah kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka akan lebih memfokuskan diri dan berkonsentrasi kepada instruksi-instruksi yang diberikan selama latihan dan pertandingan

b. Bantuan untuk biaya pendidikan

Atlet yang memiliki keterampilan yang tinggi ternyata memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pula. Melalui implementasi kecerdasan, fungsi kognisi yang ada pada atlet untuk melakukan kegiatan latihan dan bertanding akan dapat dimanfaatkan. Oleh karenanya, kemampuan kognisi seorang atlet akan meningkat apabila kecerdasannya dapat dikembangkan melalui proses pendidikan. Maka dari itu, atlet bola voli ALKO diharapkan semuanya memiliki pendidikan yang sesuai dengan jenjangnya. Untuk memenuhi hal tersebut, kebutuhan biaya pendidikannya dibantu oleh Perkumpulan/Klub Bola Voli ALKO.

c. Bantuan untuk biaya kesehatan

Selama melakukan latihan hariannya, atlet ditempa baik kondisi fisik dan mentalnya melalui berbagai aktifitas kegiatan latihan. Untuk membuat kondisi fisik dan mentalnya dapat siap dan melanjutkan latihan secara berulang-ulang, merupakan hal yang mutlak adalah menjaga kondisi kesehatan atlet dan memelihara dengan berbagai metode agar performa atlet tetap prima pada saat berkinerja.

d. Konseling pribadi dan sosial

Kehidupan pribadi dan sosial dari atlet bola voli pada umumnya memiliki problema yang berlainan satu sama lainnya, namun pada umumnya problema pribadi dan sosial yang sering dihadapi diantaranya adalah :

Kesulitan berkenaan dengan masalah biaya hidup (economic background)

Kesulitan berkenaan dengan masalah pemondokan bagi atlet dari luar kota

Kesulitan masalah-masalah keluarga

Kesulitan karena frustrasi dan konflik pribadi

Program bantuan konseling bagi pengembangan pribadi dan sosial dari atlet bola voli ALKO dilaksanakan dalam bentik pemenuhan kebutuhan secara selektif dan komprehensif.

4. Keterlibatan Atlet dalam berbagai Kejuaraan (daerah dan nasional)

Setiap atlet bola voli Alko dianjurkan untuk sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan, baik yang dilaksanakan di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan, agar kematangan bertanding para atlet tumbuh dan berkembang dengan pesat.

5. Kegiatan di Luar Latihan

Kegiatan di luar latiha rutin sehari-hari dilaksanakan dalam bentuk rekreasi. Bentuk dari rekreasi bisa saja menonton pertunjukan hiburan, wisata ke pantai atau pegunungan dan lain sebagainya. Ini ditujukan untuk memulihkan kondisi fisik dan mental atlet agar siap kembali untuk melakukan latihan rutin sehari-hari atapun pada saat menjelang pertandingan.

  1. Februari 13, 2009 pukul 3:54 pm

    Buat Perkumpulan Bola Voli Alko

    Jangan Bosan menulis artikle selama masih ada ide yang cemerlang biar saya bisa bacanya untuk nambah pengalaman saya selaku pembina bola voli di club saya di Kalimantan Barat.
    Bravo ALKO Bandung maju terus

    R.Supriyanto, S.Pd
    Guru SMPN 1 Ngabang
    Kalimantan Barat

    • zoelnihilnanda
      Oktober 29, 2009 pukul 2:59 pm

      Terima kasig Bang,…kita sambil tukar pikiran,..

  2. K2P
    Februari 27, 2009 pukul 5:54 am

    Wah Luar Biasa ni……….., salut…….., ayo maju terus mas………..

  3. Indah M. Rahmatunnisa
    Mei 2, 2009 pukul 11:49 am

    Salam…………..

    Kalo mau daftar gimana?ada persyaratan yang lebih spesifik gak neh???

    Saya berminta….mohon pencerahannya.

    • zoelnihilnanda
      Oktober 29, 2009 pukul 2:58 pm

      Ko belom datang aja,…nee

  4. Juni 26, 2009 pukul 6:39 am

    Woiiiiiiiiii uedan ada ALKO hebat lah, coba semua orang di ALKO sehebat kamu …..

    • zoelnihilnanda
      Oktober 29, 2009 pukul 2:57 pm

      Terima kasih,….Suksess.

  5. Fahri
    Oktober 29, 2009 pukul 2:45 pm

    saya seorg mhswa smster 3…
    apa saya bsa bergabung?

    • zoelnihilnanda
      Oktober 29, 2009 pukul 2:56 pm

      Silahkan Mas,.. dengan senang hati,…

  6. deny
    Januari 21, 2010 pukul 12:37 pm

    mas minta program latihan bola volli dong, saya mo ngedidik anak sd buat bibit yg potensial, kirimin ke taridawibisanadeny@yahoo.com..d tunggu y

  7. zakaria
    Maret 2, 2010 pukul 2:26 am

    terimakasih kepada alko yang telah mendidik saya dalam bermain voly, meskipun saya belum lama di alko, tapi saya sudah merasa ada banyak perubahan,,!

  8. ade hermwan
    Maret 22, 2010 pukul 4:42 pm

    salam olah raga…bang sy dr skbmi,tlng tip mlth yg bnr buat pemula sy lg membina club usia sd,smp jg sma..sekali2 maen ke skbmi di tunggu PBV.T U N A S Sukubumi jl.kaswari no.17 trim

  9. iyus andi rahman
    Maret 29, 2010 pukul 1:25 pm

    saya anak sma clas 2
    bleh ga saya bergbung

  10. imam hanafi
    November 4, 2010 pukul 11:40 am

    assalamu’alaikum
    gimana bang cara daftarnya ya

  11. imam hanafi
    November 4, 2010 pukul 11:45 am

    assalamu’alaikum
    bagaimana cara menjadi guru biar dapat disenangi murid/siswa

  12. Februari 2, 2011 pukul 4:54 pm

    Tolong Dong Program latihan lengkap untuk pembinaan Bola pli untuk pemula… ???

  13. Februari 9, 2011 pukul 8:21 am

    asalamualaikum boz mu daftar harus dateng kmana ea,n biaya ea kira” hruz byr berapa semua ea…..makasih

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:34 am

      Ke Pasar Kosambi lantai 5 Bandung,…Pendaftaran sekita 175 ribu. Terimakasih

  14. egy ciptia
    Februari 14, 2011 pukul 2:28 pm

    assalamualaikum
    saya berminat ikut, tapi ada cabang di kota depok gak yang lebih deket ??

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:33 am

      Di depok juga saya rasa banyak klub-klub Voli yang membina atlitnya. Terimakasih

  15. charen mccartney
    Mei 16, 2011 pukul 9:05 am

    gmna cara daftar nya???
    apa saja ketentuannya supaya bisa jadi anggota

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:32 am

      Mengisi formulir pendaftaran saja.

  16. Agustus 20, 2011 pukul 5:53 pm

    tingkatkan terus,….

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:36 am

      Terimakasih.

  17. Agustus 20, 2011 pukul 5:55 pm

    apakah team bola voli alko itu pada bagus2,, bisa di buktikan…????

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:36 am

      Kami,…masih harus terus belajar dan berbenah. Terimakasih

  18. diki
    September 4, 2011 pukul 7:20 am

    kang,, tuk gbung ke alko,, da administrasi’y g tuk dftr’y,,,,?

  19. diki
    September 4, 2011 pukul 7:21 am

    owh iy,, skalian kcih au almat lngkp’y y,, so sy dri majalengka,,

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:32 am

      Jl. Jenderal A. Yani, Pasar Kosambi lantai 5 Bandung. 7313703.

  20. haryanto
    Oktober 16, 2011 pukul 3:37 pm

    mantap alko, maju terus. kami sangat mendukung apapun bentuk dan jenis programnya. yang jelas binaanya selalu mengarah kepada atlet yang profesional siap tempur. semoga sukses dalam meraih prestasi.mudah-mudahan alko yang terbaik dan menciptakan bibit-bibit baru di indonesia ini.

    • zoelnihilnanda
      Oktober 17, 2011 pukul 4:29 am

      Terimakasih Banyak atas dukungannya ,….Mudah2an ALKO terus mampu berbenah.

  21. irwan
    Februari 2, 2012 pukul 3:34 pm

    latihan yang bagus dalam 1 miggu berapa kali??
    latihan apa dulu yang saya harus saya arahkan,teknik,fisik,taktik???

    • zoelnihilnanda
      Februari 2, 2012 pukul 3:54 pm

      Untuk level prestasi latihan yang maksimal di lakukan sebanya 6 jam 1 hari,..bisa di bagi 2 sesi latihan pagi dan sore.
      dalam tahap awal, latihan minimal 3 jam 1 hari,…ini bisa dilakukan dengan 5 hari latihan.
      untuk jenis latihan, itu tergantung pada kita sendiri,..kemampuan kita lemah dalam hal apa, misalnya: kita lemah dalam segi tehnik.. tentunya penekanan harus di akukan di segi tehnik..begitu pula sebaliknya.

  22. Maret 26, 2012 pukul 1:47 am

    mau daftar caranya gmana?
    tempat lthannya dmna?

    • zoelnihilnanda
      April 24, 2012 pukul 5:48 am

      Udah terjawab kan Ya Desi.

  23. yanimaryani
    April 23, 2012 pukul 5:06 am

    Yang terhormat pengurus Alko…sebelumnya kenalkan nama sy Supriatna Thun 1987 sy pernah masuk Klub Alko kalau tidak salah bareng sama siti nurjanah…dulu pelatihnya Kang Asep Jombi….namun saat ini sy prihatin seiring dengan berkurangnya sarana olah raga Voli di daerah sehingga menyebabkan kurangnya apresiasi kegiatan even atau turnamen di daerah….yang dampaknya akan hilang penerus atau atlit dimasa yang akan datang khususnya di kota bandung….melalui in sy pemerhati alah raga bola voli agar Alko ikut ke daerah sebagai motor prnggerak dengan harapan bisa kembali exis olah raga bola voli….salam buat Nur ( pupung ) kalau ga salah pernah melatih alko…dari ADE ( Si Rawing ) IVO SIMA…….Sitimariah Bandung

  24. Mei 23, 2012 pukul 1:25 pm

    Salam olahraga buat pengurus Alko Bandung, Saya Sujono pelatih bola voli di Kota Binjai di Sumatera Utara, sy salut keberadaan pembinaan bola voli alko , rasanya sy ingin sekali-kali datang lansung melihat pembinaan di Alko Bandung, sy mau bertanya apa boleh atlet bola voli dari luar jawa masuk di alko bandung, kalau bisa prosesnya bagaimana, mohon petunjuk, karena saya mempunyai atlet putra kelas 1 sma, tinggi badan, 1,90 m, sudah punya tehnik dasar bola voli walaupun belum sempurna, apakah bisa dititipla di alko, mohon jawaban , habis selesai ujian kenaikan kelas rencananya mau saya antar ke bandung.

    • zoelnihilnanda
      Mei 23, 2012 pukul 1:37 pm

      Kami menunggu dengan harapan disini atas rencana saudara untuk datang ke Bandung dan melihat situasi Klub Kami.
      Kami juga tentu menerima atlit binaan saudara yang terlihat memiliki potensi yang sangat baik. Kami menyambutb aik dan terimakasih sebelumnya.

  25. Juni 7, 2012 pukul 2:12 am

    hebat om

  26. Oktober 28, 2012 pukul 8:53 am

    kalau mau daptar kemana ?

  27. Oktober 31, 2012 pukul 5:40 am

    kang ni saya rijal saya punya tinggi badan 180 cm kurang lebih
    saya lulusan smk apa saya bisa gabung ga

  28. indrajati agung
    November 3, 2012 pukul 11:58 am

    mas saya minta program latihan dong buat anak didik sd saya pengen memajukan anak didik saya khususnya csbang volly tolong kirim ke email saya y mas indrajati.agung@yahoo.com atau di fb agung indrajati

  29. Desember 4, 2012 pukul 12:50 pm

    ok terimakasih atas informasinya…bagus boss…..he..3x

  30. daffa
    Juli 25, 2013 pukul 2:29 pm

    saya mau ikut tp masih kelas 3 smp dan body saya kecil apakah bisa gabung??

  31. Juli 26, 2013 pukul 3:09 pm

    Link exchange is nothing else except it is simply placing the other person’s blog link on your page at appropriate place and other person will also do similar in favor of you.

  32. September 10, 2013 pukul 3:54 pm

    pantang menyerah

  33. alike
    September 18, 2013 pukul 1:16 am

    dari smpn 1 karang tengah cianjur

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: